mukabuku…

Liputan6.com, Tangerang: Polisi menangkap pemuda bernama Ari yang diduga membawa kabur Marieta Nova Triani berusia 14 tahun di kawasan Kampung Nelayan, Jatiuwung, Tangerang, Banten, Selasa (9/2) pukul 02.00 WIB. Nova terus menangis saat anggota Kepolisian Daerah Metro Jaya menemukannya sejak dilaporkan hilang pada 6 Februari silam. Sementara orangtua korban yang datang ke Polda Metro Jaya merasa bersyukur anaknya ditemukan.

Nova dilaporkan hilang setelah berkenalan dengan seseorang melalui situs jejaring sosial Facebook. Siswi sekolah menengah pertama itu diketahui terakhir keluar dari rumah di Serpong, Tangerang, Sabtu pekan silam. Informasi anak hilang pun disebar melalui pesan pendek telepon genggam secara berantai. Kasus kejahatan dunia maya ini menjadi perhatian serius kepolisian.

berita diatas memang lagi heboh2nya..*selain pansus tentunya*

berita tentang anak yang masih dibawah umur yang rela kabur bersama teman yang dy hanya kenal melalui facebook. bukan rahasia lagi sebenarnya kalo jaringan sosial ini kerap membuat ‘lengket’ beberapa orang..*oppss..kayax banyak orang dehh* selain itu qtha bisa berbisnis online dengan facebookย  bahkan bisnis manusia pun ada..*dohh…*, bisa membantu orang2 yang memerlukan bantuan *seperti kasus prita* de el el . buat aq sey..selama setaon lebihย  facebook-an aq blom merasakan hal-hal yangย  membuat aq merasa benar2 tidak nyaman atau terganggu.. malahan dengan facebook aq bisa bertemu dengan teman2 SD ku.. *maklum..aq 4x pindah sekolah* fufufufuuu.. :mrgreen: teman2 lamaku yang laen..dan juga tentunya teman baru.. ๐Ÿ™‚

yang jelas buat aq..facebook itu privacy..dimana tempat aq bisa berbagi kesan senang..sedih..bingung..ampe pada waktu aq innamorarsi ..*blushing* juga foto2 yang aq anggap pantes untuk dishare fufufufuu…

dulu pada saat facebook blom terlalu booming seperti sekarang..aq merasa fine2 aja untuk menerima ajakan ‘add friend’ dari orang2..tapi..lama kelamaan kebiasaan itu aq stop dengan seiring bertambahnya pengguna facebook. kenapa demikian?? karena biasanya ada beberapa orang yang g aq kenal mengoment statusku dengan komentar2 yang g jelas..akhirnya..opsi terakhir dipilih…’remove friend’ terkesan jahad sey..*atw sok malah* tapi jujur..ini semua untuk melindungi dari rasa ketidak nyamanan itu.. *am i right??*

makanya kalau ada yang meng-add aq..aq harus lebih teliti dulu melihatnya..dari profil..foto..juga dari mutual friendnya..bukan bermaksud untuk sok2an..tapi sekali lagi..facebook itu buat beberapa orang adalah privacy sama halnya denganku..makanya aq harus m’filter*jiaahh..bahasaku…* teman2 yang akan menjadi frenlistku.. jadi..maaph saja jika sering kali aq m’message orang yang tidak aq kenal jika m-add ku di facebook.apakah dari teman SDย  yang biasanya mutual friendnya hanya sedikit, atw teman ketemu di kereta *yg ini aq pernah ngalamin soalnya fufufuuu* atw teman2 blog..atw mungkin hanya sekedar iseng.. menurut aq *ini aq lho* dengan tidak sembarangan menerima ajakan berteman atau m’add dengan asal merupakan salah satu dari sekian banyakย  kunci*bukan kunci pintu yakz..* untuk terhindar dari masalah2 diatas.

tapi mencari teman baru ga harus di facebook koq..di blog pun qtha bisa dapat teman baru…aq bisa berkenalan dengan seorang teman bae hati yang memberi nama kebvokecil ini yang ternyata adalah teman smp dari blog juga ๐Ÿ˜€

jadi aq hanya ingin mengutip perkataan bang napi yang tiap hari nongol di tivi..

waspadalah..waspadalah…

ps : hanya ingin berbagi opini dari segi kebvokecil sajah..tulisannya pun masih acak kadul..bagi yang punya opini laen..silahkan.. ๐Ÿ™‚

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

63 Responses to mukabuku…

  1. aRuL says:

    muka buku FB model baru ya? :mrgreen: hehehe

    iyah nih, skrg kalo ndak kenal, dan tau sy remove…
    tapi ada yg kejam.. teman SDku sudah tidak mengenaliku, saya add di ignore ka… hahahaha

  2. kenuzi50 says:

    kita temenan kan, kalau aku add di fb di confirm gak yah..??? ๐Ÿ˜€

  3. didot says:

    dulu pernah juga saya nge-remove friendlist sekitar almost 100 friend karena gak merasa kenal atau begitu kenal.

    akhirnya solusinya sekarang punya 2 FB,yg satu buat umum (dan dilock wallnya gak bisa dikomen) ,satu lagi buat temen2 deket only:)

    btw di jepang fb gak laku,soalnya mereka gak mau dengan sengaja menyebarkan info data2 ttg dirinya di publik secara gratis dan terang2an.

    beda sama disini yg bahkan pin BB aja disebarluaskan kemana2:D

  4. iLLa says:

    sayah juga pusingma sebenarnya liak frenlisku, 722 bo’!! addeh.. sapa semuami itu, baru beberapaji yg sering brinteraksi. Mw diremove, nda tauk mw mulai darimana, akhirnya ya kubiarkan mami, trus nda pernahma jg aplot futu2 pribadi, kecuali yg ditagka sm temanku,, itupun kalo lama2mi sa hapus tagnya, bikin full2 foto saja, hahaha..

    *malah nyurcol

    skarang fesbuk cuman wat re-touch dengan teman2 lama yg nda pernahmi ketemu di dunia nyata
    kalo mw cari teman baru mending di blog, orang2 yg ada tulisannya. Kalo di fesbuk orang2 apdet-er status semuaji, hihi… jahatku deh.. :mrgreen:

    • chiekebvo says:

      722????
      beeuuhh…buanyaakkk biangett k’…
      tapi trus trang..saia masih butuh ini mukabuku k’..buat ketemu ma teman2 lama di kampungx orang..fufufuufu.. :mrgreen:

  5. setitikkehidupan says:

    saya harap kejadian seperti itu tak akan terjadi lage di indonesia….

  6. firmatha says:

    heehheheheh kayaknya aku termasuk yang di ignore nih…….

  7. fa.ce.bo.ok (begitu biasa aku menyebutnya)
    setuju aku facebook adlh privasi, yang pasti facebook bisa bermanfaat atw gak’nya tergantung si-pemakai. tapi yang paling mengherankan bagiku kenapa setiap status yang biasa2 aja spt (Bete nih, ngantuk nie, etc). selalu byk yang comment, apalagi yang up-date cew cakep.. atau mungkin mereka gi have fun,semoga seperti itu..

    salam kenal ^^

    • chiekebvo says:

      nahh..ntu dy om..saia juga heran…
      prnh ad pengalaman saia diremove oleh pacar teman saia gr2 saia terus terang klo cwex ntu lebay….
      *bikin kotor home sey* fufufufuu.. :p

  8. elia|bintang says:

    makanya facebook itu sbnrnya untuk 17 thn ke atas kan.. si marieta yg jadi korban masih 14 thn. knp 17 thn? karena org2 di belakang facebook jg menilai bahwa org2 dewasalah yg mengerti apa yg perlu di-share dan apa yg ngga..

    kl anak di bawah umur punya fb dan ngalamin kejadian buruk, siapa yg salah? orang tuanya yg salah karena ga mengawasi si anak dengan baik ๐Ÿ˜

  9. tyan's says:

    pindah sekokah hobby ya…,

  10. Sari Ajah says:

    oalaaah chie..
    jadi ini ceritanya mukabuku=Facebook toh?
    parno nih..
    belom sempet kirim buku si
    baru balik dari luar kota, dan alamat dikau hilang (cry)
    kirim lagi yaaaaa….

  11. Edi Psw says:

    Teknologi memang ibarat pisau bertama dua. Bisa bermanfaat, tapi juga bisa melukai diri sendiri. Tergantung dari siapa dan bagaimana menggunakannya.

    Facebook juga begitu. DI satu sisi bermanfaat, tapi di sisi yang lain bisa merugikan kita.

  12. Irfan says:

    dunia maya udah gak berprivasi lagi ya….
    ditambah banyak yang belum ngerti pengaturan di facebook….

    mau eksis?jangan lebay pllisss..! :mrgreen:

  13. Siddiq Basid says:

    kalo sy, smua org yg meng-add sy approve smua…..
    dan Alhamdulillah belum ad yg brani macem2 ……..

  14. soulharmony says:

    susah memang kalo punya banyak fans

  15. yah…
    lanjutin kata-kata bang napi..
    “Kejahatan bla bla bla…!” :gakhapal:

    hehehe

  16. ImUmPh says:

    Wah… itu mah sich mank dari kitanya yg harus lebih hati2 lagi!
    Makanya klo cari teman itu yang cantik, yang ganteng, yang pinter, yang kaya, dan terutama yang baek. Jangan yg jahat, jelek, bodoh, kudisan, panuan. *aduh itu penyakit orang susah kesebut* hehehe

  17. Sari says:

    Akujuga nonton berita itu di TV semalam. Tentang dahsyatnya FB. Untungnya aku ga punya FB. Seandainya, mereka yang terlibat dalam dunia maya itu paham perbedaan antara realita dengan maya… *sok mikir*

  18. nana says:

    hahaha
    kudu ati2 deh fesbukan jaman sekarang,,.

    slam knal yaa..

  19. sugeng says:

    sekarang sudah banyak orang jahat ya yang nongkrong dan nyanggong di pesbuk โ“ wah gawat nih :mrgreen: . btw, untungnya account ku disana sudah lama gag aku perbarui statusnya.
    salam kenal serta jabat erat selalu dari tabanan

  20. oglek says:

    facebook sedikit banyak tentu membuat ruang pribadi kita (baca:privasi) hilang. Jadi semua tergantung diri kita sendiri, termasuk dalam memfilter teman. Saya sih nggak pernah approve friend request dari orang yang gak saya kenal

  21. dykapede says:

    Have a nice day, undangan penuh kebahagiaan di hari yang ke-56 Ayah tercinta, salam D3pd ๐Ÿ˜€

  22. Kasus anak remaja yang rela pergi bersama teman onlinenya bukanlah kasus yang baru, sejak dulu sebenarnya sudah ada hanya saja belum terlalu terekspos.

    Menurut saya hal ini biasanya disebabkan oleh faktor
    keluarga remaja itu sendiri, kemungkinan mereka tidak nyaman dengan lingkungan keluarganya dan berusaha mencari teman baru dan lingkungan baru yang membuat mereka merasa lebih nyaman.

    Seharusnya orangtua berusaha masuk ke dalam era teknologi informasi ini untuk mengimbangi pergaulan anaknya yang memang lahir di era seperti ini.

    *saya nulis apa yak?*

  23. irawan says:

    oh iya mukabuku kmu apa…blh di add gak… *waspadalah….waspadalah… he..he..he *

  24. zulhaq says:

    banyak pihak yang menganggap negatif fesbuk hanya karena kasus itu. padahal yang melakukan hal yang lebih parah dari sms, atau chatting gak jelas justru lebih banyak lagi. kenapa harus menyalahkan fesbuk? yang disalahkan adalah pihak yang menyalahgunakan. ah, sudahlah….

  25. lovelyfla says:

    Agree!
    Facebook is our private home and we don’t open the door for a stranger ๐Ÿ˜€

  26. itu mah orang yang keterlauan tidak memikirkan akibat yang terjadi apabila selalau nmengikuti kehendak hawa nafsu

  27. Aiiih kita memang haru sproteksi diri sendiri ๐Ÿ˜€
    makany apilah pilih teman itu perlu!

    Btw soal si Nova itu.. gue ampe skr geleng2 kepalaaa

  28. Felicity says:

    Yup, harus hati2x memberikan privacy di FB, banyak yang nggak nyadar kalo semua foto yang diupload di FB jadi milik FB (ada di terms of use-nya). Blom lagi setting privacy yang sengaja di default supaya ‘everyone’ bisa ngeliat kita termasuk orang nggak dikenal…

  29. orange float says:

    kalo saya sih biasanya seleksi jika approve seseorang bukannya mau pilih pilih teman hanya untuk waspada aja. selain itu setting privacynya juga harus kita perhatikan karna isi hati manusia kan ngak ada yang tahu

  30. ayo kita sama-sama ngeremove orang gak jelas dari fesbuk kita!! ๐Ÿ™‚

  31. aap says:

    Macam-macam saja tindak kejahatan itu bentuknya..jadi…waspadalah..!

  32. unduk says:

    saya jangan di remove ya …

  33. Oyen says:

    ane juga mbak, makanya temennya gak nambah2..ho..ho

  34. Triunt says:

    Yup media itu seperti 2 sisi senjata tajam.
    jika dimanfaatkan secara bijak pasti sangat bermanfaat, tapi jika tidak bijak atau tidak paham betul akan menjadi kecelakaan..

    ya kan ya kan ๐Ÿ˜€

  35. Info Solo says:

    nebeng blogwalking dibelakangnya Triunt yak hehe.
    salam kenal ๐Ÿ™‚

  36. hanif says:

    Idem
    Sekarang banyak yang sudah ku remove. Soalnya mereka juga g memberi manfaat apapun bagiku.

  37. Tha says:

    saya juga heran..masa ampe segitu seriusnya orang mainin fesbuk ya? ckckckckckck

  38. Edelweis says:

    Aku kangen pengen nongol lagi,,,,haha

  39. edda says:

    hati2 di culik, xixixi ๐Ÿ˜›

  40. hanif IM says:

    kalau gak kenal gak di app kan gak masalah. hehe, mau di remove juga bisa kalau di FB, sedangkan kalau di FS gak tahu tuh bisa atau gak di remove. hehe

  41. kiraitomy says:

    dah gak hits lagi tu FB, tapi kalo BF tetep diminati.
    astaghfirullah, (pasang tampang innocent)

  42. Subhanallah postingan bagus…kami kagum dengan blog sahabat, jika berkenan bergabunglah di aggeregasi web kami, caranya cukup memasang banner kami insya Allah setiap posting terbaru dari blog sahabat akan muncul di web kami.

  43. Inidanoe says:

    cara buat facebook gmn yah..???

  44. Asop says:

    Benar. Gak harus lewat fesbuk kok mencari teman.
    Justru fesbuk itu sarana untuk “bertemu kembali dengan teman lama”. ^_^ ๐Ÿ˜€

  45. Goda-Gado says:

    “yang jelas buat aq..facebook itu privacy.”

    hmm,,,,, gitu ya?
    apakah prinsipnya bukan sebaliknya?
    Facebook adalah area domain publik, artinya apa yg kita keluarkan dr dan d dalam FB adalah hak pulik utk mengaksesnya….
    menjadi ter-private jika kita memproteknya dg pilihan Kontrol Privacy2 yg disediakan di FB.
    Mengenai hal itu bs dilihat di TERM FB. (http://www.facebook.com/privacy/explanation.php)

    tp, jka menyoal masalah HAK EKSKLUSIF kita ats foto & video yg kita unggah, hmm,,,, ada klausul dlm FB yg menyebut:
    “For content that is covered by intellectual property rights, like photos and videos (“IP content”), you specifically give us the following permission, subject to your privacy and application settings: you grant us a non-exclusive, transferable, sub-licensable, royalty-free, worldwide license to use any IP content that you post on or in connection with Facebook (“IP License”). This IP License ends when you delete your IP content or your account unless your content has been shared with others, and they have not deleted it.”

    so?

    (source: http://www.facebook.com/fikreatif?ref=profile#!/terms.php?ref=pf)

    • chiekebvo says:

      facebook mmg area domain publik..
      tapi bukan berarti smua org bisa melihat ‘area’ qtha
      itulah mengapa facebook mengfasilitasi qtha dengan kontrol2 privacynya..
      jadi yahh..buat saia facebook tetap menjadi suatu privacy buat saia..dan hanya org2 tertentu saja yg saia ijinkan buat melihat ‘area’ saiaa.. :mrgreen:

  46. If only I had a dime for every time I came to kebvokecil.wordpress.com… Amazing writing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s