telor

 

siapa sey yang ga tahu sama telur??bentuknya yang bulat ada juga yg lonjong, beratnya pun bermacam macam. Di rumah, telur adalah salah satu menu wajib ketika aku dan keluarga makan. Mau diceplok, didadar, direbus ,mau telur puyuh, bebek, ayam, pokonya pasti ada telur di meja makan.

Menurut penelitian meskipun rendah kalori, telur merupakan sumber yang kaya protein dan dipenuhi nutrisi penting khususnya vitamin D, vitamin B12, selenium dan kolin.Di antara sumber protein, telur mengandung asam amino esensial terkaya yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh. Telur bisa menjadi pilihan bagi anak-anak, remaja dan orang dewasa yang tidak mengkonsumsi susu.

Nah, di keluargaku, hampir semuanya mengkomsumsi telur tiap hari, contohnya,Β  salah satu adekku biasanya mengkomsumsi 3 telur dalam sehari, 1 di siang hari, dan 2 di malam hari. Bisa dibayangkan ada berapa kilo telur yang habis di rumah kami selama sebulan *adekku ada 3 lho*Β  πŸ˜†

Tapi, telur2 itu juga bisa mendatangkan masalah buat aku. Sudah beberapa tahun ini aku jerawatan. Iyya, rada sensitif memang, lupa cuci muka dimalam hari, bisa jerawatan *walopun jerawatnya kecilll* , lupa make krim malam juga bisa jerawatan, dan yang baru aku sadari beberapa bulan ini adalah..telur juga mempengaruhi. Okay, jujur seh beberapa temanku memang selalu menasehati aku, ” jangan makan telur, kurangin makan gorengan” begitu kata mereka.

Awalnya aku cuek, wong kebiasaan makan telur ini sudah dari dulu koq, sejak jaman masih kuliah yang muka masih mulus2nya, aku ga ada masalah dengan telur ini. Toh pikirku ” khan aku make krim jerawat,jadi ga papalah..”

Beberapa minggu yang lalu, aku ga makan telur selama seminggu, bukan sengaja, tapi ga tahu kenapa tiba2 telur tidak menarik lagi dimataku. Dan suprise nya….. tiba2 jerawatku berkurang, maksud aku, biasanya kalo jerawatku hilang akan muncul 1 jerawat lagi *biasanya* tapi kali ini tidak… seketika teman2ku berkata ” itu pengaruh telur!!”

Dan mulailah saat itu aku mengurangi jatah makanku, yang awalnya tiap hari,jadi seminggu 2x. Tapi yang paling sulit itu kalo makan mie goreng tanpa telur. Rasanya….hambar.. *bilang saya lebay *

Nah, ada yang seperti aku??mencoba menghindari telur demi muka mulus seperti dulu kala?? #HallahBanget :mrgreen:

 

PS : eh..ini termasuk curcol ga seh?? πŸ˜†

gizi telur diambil dari sini , gambar telur diambil dari sini

 

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

31 Responses to telor

  1. aRuL says:

    telur katanya tinggi kolesterolnya lho πŸ˜€
    tapi emang enak telur, tiap pagi makannya pasti telor dadar πŸ˜€ hehe

    • Asop says:

      Nggaaaaak, telur itu makanan murah yang menyehatkan!

      Kolesterol ada banyak di kuningnya! Makanya, jangan makan kuning telurnya terlalu banyak, makan aja putih telurnya. Kira2, kalo kita makan empat atau lima butir telur, makan aja satu kuning telur, jangan makan semua. πŸ™‚
      Putih telur mengandung banyaaaaak protein. πŸ™‚

  2. chiekebvo says:

    jiahh..cepatnya komen fufufufuu…
    tapi bener itu kak, saya biasanya kalo didadar make kecap makannya πŸ˜€

  3. nitnot says:

    wah sama dunk..tapi gak ampe 3x sehari…seringnya tiap pagi… :)) hidup telor…

  4. Fiyaa says:

    Gak pernah bermasalah dengan telur,
    dan akan selalu suka telurrr..
    hiduppp telurrr
    #eh

    hehehe

  5. Goda-Gado says:

    berarti aq tak salah memilih konsumsi telur setiap hari krn tidak mengonsumsi susu. πŸ˜€

    ya elah Vo Vo…
    segitunya ya Vo???

    *GAGAL PERTAMAX> huft

  6. archer says:

    muka mu mirip telor gak? hehehe kidding

  7. dieka says:

    salam kenal.. saya dulu juga sensitip ma telur, karena kebanyakan makan telur, jadi bengkak mata gtu,., πŸ˜€

  8. Fenty says:

    untung telur gak ngefek banyak ke aku, hehehe πŸ˜€
    tapi aku suka telor, itu makanan efektif saat nggak ada makanan lain selain nasi :p

  9. Asop says:

    Tuh, ‘kan, jangan nyalahin telur… 😦

    Sebenarnya, bukan telurnya yang bikin jerawatan. Kunign telurnya! πŸ˜€ Kuning telur mengandung kolesterol tinggi, sedangkan bagian putihnya sama sekali gak berlemak dan gak berkolesterol. Putih telur mengandung banyaaaak protein. Makanya, para binaragawan kalo makan telur pasti membuang kuningnya dan makan cuma putihnya doang.

    Jadi, saya rasa yang bikin jerawat itu timbul adalah kuning telurnya. Dulu juga waktu saya masih SMA (masih puber :mrgreen: ) kalo kebanyakan makan makanan yang terbuat dari telur bisa timbilan (mata). Masih ada faktor penyebab jerawat itu timbul sih, seperti gak rutin ngebersihin muka, banyak pikiran (tertekan, banyak masalah), dan bahkan soal jatuh cinta. πŸ˜€ ENtahlah, mungkin kombinasi berbagai hal ini juga. πŸ™‚

    Saya suka banget telur, tiap kali sarapan pasti makan telur, entah itu satu atau dua. Kalo dua, saya hanya makan satu kuning telur. Kalo dibuat sarapan, saya rasa makan dua kuning telur juga gak msalah, karena bisa jadi sumber energi. Gak usah takut kenapa-napa. Masalah datang ketika kita makan kuning telur di malam hari. Metabolisme tubuh di malam hari lambat (tak seperti saat hari terang), jadi lemak dan kolesterol dari telur numpuk di badan. Bisa jadi besok bisul, timbilan, atau jerawatan. :mrgreen:

    Jadi, jangan tinggalkan telur! Tiap hari harus makan telur, barang cuman satu butir! 😑

    Tapi Allah memang Mahaadil. Di balik tingginya kandungan kolesterol dan lemak di kunign telur, di sana terdapat suatu zat yang baik untuk mata kita. Saya lupa apa namanya, tapi inilah yang membuat telur sangat dianjurkan untuk anak-anak. πŸ™‚

    *nggak percuma saya suka baca majalah kesehatan dan situs fitness* πŸ™‚

    • chiekebvo says:

      makasih asop atas infonya..saya emank doyan banget makan kuning telor..kalo cuma kuningnya, 3 telur pun saya makan πŸ˜›
      tapi ga ditinggalkan koq..cuma dibatasin aja πŸ™‚

  10. ais ariani says:

    pernaaaah bangeeeeet. aku kebanyakan makan telor, bukan jerawat yang timbul.
    tapi bisul!
    serius loh… bisul segede gaban (berlebih).
    di wajaaah
    yah wajah ku emang gak kek model sabun cuci muka gitu sih.. tapi lumayan ganggu loh punya bisul, dan sering nya di ujung idung
    😦
    memang.. sesuatu yang berlebih itu katanya tidak baik
    hehehehehhee

    • chiekebvo says:

      alhamdulillah seh belum pernah ampe bisul mbak, tapi yah..walopun bukan bisul ya rada ganggu juga..
      etapi sekarang mbak nya masih makan telur??

  11. giewahyudi says:

    kalau saya enggak terlalu suka telur, kecuali kalau dimasak pakai sambel..

  12. Triunt says:

    saya kalau lihat telur di meja.
    sudah pasti itu pasti buat keponakan saya.
    *Nay…om dikasih telurnya dooong…* πŸ˜€

  13. mamung says:

    untungnya jerawatnya gak segede telur ya.. πŸ˜†
    tapi ada yang kurang, harusnya ada foto muka mulusnya kayak jaman kuliah dulu donk.. πŸ™„

  14. 3snainc says:

    waaah… saya sekali makan telur langsung bisul tuh… hahaha…
    tapi kakak perempuan saya pernah bilang, kalau mau ngehilangin bisul/jerawat gara2 makan telur, justru musti dilabrak… jadi sistem tubuhnya justru musti dijebool biar badan lebih tahan sama efek buruk telur…

    kakak saya itu bisa makan telur 8 biji setiap hari… dan gak ada bisul or jerawat… sekarang gak ada… tapi dulu waktu kecil bisul dia dimana mana… πŸ˜†

  15. @helgaindra says:

    jangan kebanyakan makan telur deh
    tar kalo kentut baunya kaga enak
    hahaha *pengalaman*

  16. Ceritaeka says:

    Aku suka telor tapi gak addict kayak adek lu itu non πŸ˜€
    and yes dulu waktu es em pe makan telor jerawat gue banyak juga
    coba googling deh biar ada teori support kesimpulanmu ituh πŸ˜‰

  17. yanrmhd says:

    saya suka telor, enak gtu :mrgreen:
    jerawat mah bisa dari perasaan, banyak yang mengatakan makan telor jadi jerawatan…kepikiran, jadi aja jerawatan…so, tetap makan telor tapi jangan mikirin jerawat bakal tumbuh, dijamin ga bakal jerawatan…

    okey, semangat! do the best… πŸ˜‰

  18. tha says:

    telor???????? saya ndak suka (–“)
    habisnya makan telor, suka jerawatan *ini pengaruh ato ngga sih ya sebenernya?

  19. kira says:

    lama g kesini… apa kabar yg punya rumah??? πŸ™‚

  20. assalamu’alaikum…
    wah kreatif sekali gambarnya ….
    tapi ada yang perlu diralat… karena Mba suka makan mie instan, hati-hati jangan keseringan lho…

  21. Telur yg lucu dan misterius.

Leave a Reply

