#PenangTrip

“jangan lupa, kita ke Penang bulan depan, udah nyiapin iti-nya belom?” tanya @anif__
“ohh..bulan depan ya? belum..belum nyiapain apa2 hehehe” jawabku..
“untung gue pengertian..udah..gue aja yang buat” sahutnya..

 

itu adalah sedikit percakapan saya & @anif__ ketika itu, ternyata trip pertama saya di tahun 2014 ini..adalah Penang!. Kenapa Penang? entahlah..waktu itu yang saya pikirkan, ini adalah destinasi yang termurah yang belum kami kunjungi. So, how’s Penang?

Image
rencana nomor 1 : pake tas FF keluar negeri :))

Penang masih termasuk provinsi *hmm..let’s say that* Malaysia, cuman beda pulau saja. Populasinya? hmm..kebanyakan dihuni oleh orang China, biasanya sih..kalo nyebut kata Penang, pada nanya ” mau berobat?” iyya, soalnya selain terkenal dengan kota warisan dunianya, George Town, Penang juga terkenal dengan wisata berobatnya. Jadi, jangan heran kalo biasanya sepesawat sama orang-orang tua. Katanya di Penang, rumah sakitnya tidak kalah dengan Singapore, bahkan bisa lebih murah *ini katanyaaaaaa*

Pertama kali saya mendarat di Penang, kesan pertama saya…”keren!, ada lautnya..ada gunungnya! bangunannya juga tua, sukakk!” Lalu, tiba-tiba kata-kata itu saya tarik kembali sewaktu saya kesulitan transportasi disana. Jangan salah paham, Bus disana bagus kok, kurangnya cuman tidak ada tanda kita sudah berada dimana, jadi ungkapan “malu bertanya sesat dijalan” itu sangat berlaku disini :)) and FYI, jangan samakan Penang dengan KL atau SG ya..disini belum ada MRT atau monorel, only Bus, tapi tetap nyaman ๐Ÿ™‚

Malam pertama saya habiskan didepan penginapan, kenapa? karena ternyata depan penginapan saya ramaiiiii pisan :)) , disitulah salah satu spot makanan yang enak. Satu yang menarik perhatian saya adalah….ada cafe reggea disana, dengan sepatu saya yang reggea ini sebenarnya sudah pas kalo kesana, sayang aja si @anif__ ga mau ” jangannnn…ntar mereka ga jual orange juice lagi” katanya *pentung*!!

Besok paginya saya bergegas untuk mengelilingi kota ini, dan kuil-kuilnya pun menjadi persinggahan pertama kami. Mayoritas penduduk disini menganut Buddha, ini bisa dibuktikan dengan banyaknya kuil-kuil di Penang. Saya mengunjungi kuil Dharmikarama Burmese & kuil Wat Chaiyamangkalaram . Di Kuil Dharmikarama Burmeseย terdapat patung Budha yang sangat besar, dan patung Budha dari tiap2 negara, dari Indonesia juga ada ^^

Image
patung buddha dari beberapa negara
Image
dharmikarama burmese temple
Image
sleeping buddha..

Lalu didepannya ada kuil Wat Chaiyamangkalaram. Nah, disini ada patung Budha tidurnya..so, no need to go to Bangkok if you wanna see The Budhha Tidur, memang sih untuk ukurannya lebih besar yang di Bangkok. Then ada Kek Lok Si temple, kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara, yang terdapat di Air Itam, disini ada Patung Dewi Kwang In yang gedeeeeeeeeeeeeeeeeeeee banget. Entah kenapa..disini adem banget, mungkin karena tempat ibadah, jadi..hawanya tentram ya. Saya tidak henti2nya berdecak kagum di kuil ini, Being honestly, tiap kali saya datang ke kuil, mau Budha atau Hindu, atau tempat ibadah, saya selalu merasa adem, selalu senang melihat bagaimana mereka beribadah. Hubungan vertikal itu memang indah :’)

Camera 360
Kek Lok Si temple

Camera 360

Image

Image
ribbon wish

Oh iya,,for your information…di dekat Kek Lok Si temple ini, ada rumah makan India yang kalo kata gue ngehitss abis..makanannya enak, anginnya sepoi2..dan wifinya ga make password hahahahaaaa :)) #FakirWifi . Sorenya saya ke Pantai Batu Feringgi. Lumayan jauh dari tempat nginap saya di George Town, ย Pantainya cukup baguslah…at least pantai ini bersih ^^ , bagi mereka yang pingin naik kuda atau naik parasut, banana boat, disini semuanya ada. Saya cukup duduk menikmati sunset sore itu..sambil foto tongsis bareng si anip..dan akhirnya berakhir basah karena ga tahan pingin kejar-kejaran ombak di pantainya. i’m like a child, playing with the wave, laughing, scream..never better than this ^^ Kalo malam, di sekitar Batu Feringgi ada pasar malam yang panjanggggg biangettt, saya ga jalan ampe ujungnya, udah capek soalnya, dan takut kemalaman :)) Hasilnya, saya langsung tepar begitu sampai penginapan, tanpa mandi, cuci muka, ganti baju dan lagi-lagi saya harus merelakan selimut yang tersabotase oleh anip malam itu *tendyangggg*

Image

Image
the power of tongsis :))
Image
santai kaya di pantai slow kaya di pulau..
Image
sunset on Batu Feringgi

Hari terakhir di Penang, saya habiskan mengelilingi kawasan George Town, ke Museum Camera, nyari-nyari grafitti nan terkenal itu yang ada di post card, ke pasar tradisionalnya, sarapan di pasar, makan siang di salah satu restoran india, membeli ole2 dan mencoba white coffeenya. Ada 1 hal yang selalu kepikiran waktu di kota ini, Saya selalu ketemu dengan orang tua, iyyaa..kakek atau nenek yang masih aktif bekerja, biasanya mereka jualan, ga sedikit yang naik bis sendiri, padahal untuk seumuran mereka sudah waktunya istirahat di rumah, mandiri kalo kata saya. mereka tidak tergantung oleh anak-anaknya.

Morning view in George Town

Camera 360

Ahhh..buat saya, Penang meninggalkan kesan yang dalam, kuilnya yang megah, sunsetnya yang bikin galau *hallahh* , teh tariknya, night life-nya, keramahan orang-orangnya…saya berharap, jika saya masih punya umur, masih punya kesempatan, masih punya kemampuan..saya ingin kembali lagi kesana. menyulusuri setiap lorong di George Town di pagi hari.

What a peacefull place, with a peacefull heart ๐Ÿ™‚

Aside | This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to #PenangTrip

  1. helgaindra says:

    waah kebetulan saya mau kesini minggu depan insyaAllah..
    disana lagi cerah kan? gak ujan kan?

    udah nyiapin itin lengkap soalnya wkwkwk mau ubek-ubek penang dan seisinya..
    btw tidur di hostel mana? naik tram ke penang hill gak?

    • chiekebvo says:

      ga hujan kok..semenjak disana, mataharinya senyum terus ๐Ÿ™‚
      saya nginep di george town, dekat halte sevel..di penang ga ada tram..adanya bus, tapi untuk ke penang hills nya ada rute busnya kok..have a nice trip ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

