travelling with baby..

Dulu waktu jaman masih hamil, saya pingin bawa anak saya travelling bareng ketika dia sudah agak besar sehingga dia bisa bercerita kepada orang-orang apa tentang apa yang sudah dilihat. Tapi ketika #BabyRara sudah lahir, sudah 3 bulanan, kaki saya gatal πŸ˜† Pinginnya travelling, tapi anak masih bayi *bingung*. Akhirnya ditahan-tahanlah keinginan beli tiket murah dan liburan. Lalu tepat usia rara 5 bulanan, saya disuruh dinas keluar kota, ke Makassar. Senang karena bisa pulang kampung, tapi #BabyRara gimana? masa ditinggalin? .

Akhirnya saya nekat-nekatin buat bawa #BabyRara ikut ke Makassar. Saya sengaja mengambil pesawat malam biar nanti #BabyRara bisa tidur pules diatas pesawat nanti, plus saya juga nanya sana sini, bagaimana caranya biar bayi ga rewel pas take offΒ dan landingΒ nanti. Waktu itu, suami saya kebetulan lagi dinas juga, jadilah hanya saya berdua saja malam itu ke makassar. Bagaimana rasanya? deg-degan diawal lalu ngantuk kemudian πŸ˜† . Alhamdulillah, #BabyRara ga rewel di pesawat, sampai di bandara saya sempat lari-larian karena ternyata pesawat sudah mau boarding, begitu masuk pesawat saya langsung ambil posisi buat nyusuin #BabyRara setelah itu bayinya tidur pulas sampai Makassar #TepukTangan #WeDidIt . Sampai di Makassar sudah jam 1 malam, dan dijemput oleh neneknya yang udah dadah-dadah dari luar ruang tunggu kedatangan :mrgreen:

whatsapp-image-2016-12-30-at-3-54-04-pm

First Trip!

First trip #BabyRara berjalan dengan sukses, lalu 2 minggu kemudian, saya disuruh dinas lagi ke Makassar *JengJeng*. Kali ini serba dadakan, siang hari saya dikasih tahu kalo harus berangkat besok, saya mau ga mau berangkat malam itu juga karena harus membawa #BabyRara bersama saya. Jadilah sampai rumah jam 5, packing sejaman, jam 7 setelah magrib saya cusss ke bandara menaiki pesawat yang sama, jadwal yang sama seperti trip sebelumnya. Sempat agak panik karena waktu mau landing, #BabyRara tiba-tiba bangun dan ga mau tidur lagi.

whatsapp-image-2016-12-30-at-3-54-11-pm

bayinya pules, emaknya nonton filem πŸ˜†

Jadi, Tips bagi yang ingin travelling dengan bayi:

  1. Pilih penerbangan pas jam bayi tidur. Salah satu alasan saya memilih penerbangan malam adalah supaya #BabyRara bisa tidur pules karena sudah masuk jam tidur, biar emaknya ga rempong dan bisa istirahat juga πŸ™‚
  2. Baiknya susui bayi ketika pesawat mau take off dan landing, karena biasanya telinga bayi berdengung saat itu. Dengan disusui maka mengurasi rasa sakit di telinga bayi.
  3. Pakai earplug atau semacamnya. Sekarang banyak dijual/disewakan. ada yang bentuknya kaya headphone ada juga yang seperti silikon untuk menyumbat telinga. Kalo saya memilih memakai earplug mack’s kemarin.
  4. Pakaikan baju yang nyaman untuk si bayi.
  5. Kalo memang masih menyusui, coba minta kepada petugasnya agar duduknya didekat jendela. Beberapa waktu yang lalu, karena saya cuma berdua dengan #BabyRara dan tempat duduk pesawat ada yang kosong, saya minta tolong kepada pramugari untuk pindah tempat duduk.
  6. Walaupun masih bayi, tapi bayi tetap harus memakai seat belt. Biasanya pramugari akan memberikan seat belt khusus untuk bayi, usahakan minta bantuan pramugari untuk memakainya.
  7. Jangan panik.
whatsapp-image-2016-12-30-at-3-54-08-pm1

second trip bersama #BabyRara

So, Happy travelling, moms! πŸ™‚

 

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to travelling with baby..

  1. fenty6285 says:

    so cute ❀ selama ini berangkat pasti pagi, jadi si piyik pas masih fresh2nya, akhirnya tantrum, entahlah sekarang udah lama gak naik pesawat πŸ˜€

    http://blog.fentyfahmi.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s