#10StepKoreanSkincare

Waktu itu saya lagi iseng blogwalking ke blog beauty blogger, dan saya pun bertanya-tanya..”bokk..itu kulit kenapa bisa licin kaya gitu yah?” batin saya.

Kulit licin putih, bebas jerawat, glowing itu tentunya adalah idaman setiap wanita. Sejak jaman masih sekolah saya selalu berurusan dengan jerawat. Saya ingat waktu SMA sampai awal kuliah, ibu membelikan saya krim ‘cina’ untuk mengobati jerawat. Kenapa dinamakan krim cina? karena di kemasannya huruf cina semua πŸ˜† Lalu, saya berhenti karena males dan katanya krim cina itu ga aman karena mengandung merkuri. Bisa ditebak, saya jerawatan lagi πŸ˜₯ Ga berhenti disitu, ibu saya yang hopeless melihat anaknya jerawatan muluk akhirnya membawa saya ke salah satu klinik kecantikan, Erha. Saya cocok donggg dengan segala krim racikan dokter, treatment kecuali harganya yang mencekik :mrgreen:. Setelah nikah, saya bertekad untuk lepas dari krim dokter dan beralih ke salah satu skincare Jepang. Wajah saya langsung breakout parah selama beberapa bulan, tapi saya tahan-tahanin karena katanya itu proses detox. Sampai akhirnya setelah melahirkan dan pregnancy glowingnya hilang sudah, saya menemukan 10 step korean skincare *iyyaaa..10 step!* 😯

Jadi, perawatan kulit orang korea itu suangaatt banyak, kalo biasanya kita hanya memakai 3 – 5 step, mereka bisa 10 – 15 bahkan 20 jenis berbeda. πŸ™„ makanya kalo nonton drakor kok kayanya agak gemes ngeliat wajah mereka yang glowing dan licin. Katanya itu salah satu dari 10 – 15 – 20 step skincare πŸ™„ Terus, apa iyya kita kudu make 10 step tiap hari?

source: Althea

1. Double cleansing; Hal pertama yang harus diingat, jika kita ingin memakai skincare,kulit kita harus bersih. Mencuci muka dengan menggunakan facial foam/micellar water/susu pembersih saja tidak cukup. Tapi kita perlu dua-duaya, makanya dinamakan double cleansing. Cleansing pertama saya dengan micellar water dan dilanjutkan dengan facial foam. Kini, saya mengerti kenapa waktu di Erha dulu, saya disuruh bersihin muka 2x juga.

IMG_2700

micellar water nivea ini diklaim tanpa pewarna,parfum,alkohol,paraben dan silikon. Sedangkan cetaphil tanpa sls.

2. Exfoliate Toner / Exfoliation; sebenarnya ga harus berbentuk cairan toner sih, karena sekarang udah bermacam-macam bentuk jenis skincare untuk exfoliate. Exfoliate ini fungsinya untuk mengangkat sel-sel kulit mati, membuat kulit lebih halus dan pastinya lebih cerah. Exfoliate ga perlu setiap hari kok, cukup 2x seminggu atau seminggu sekali.

IMG_2665

kalo lagi jerawatan, biasanya pake corsx atau masker jeju innisfree, jerawatnya bisa kempes

3. Hydrating Toner; wait..ada 2 jenis toner? iyess! karena sehabis memakai exfoliate toner atau exfoliate bentuk apapun, kulit akan terasa kering. Itulah fungsi dari hydrating toner, untuk membantu melembabkan kulit dan menyeimbangkan kadar PH.

IMG_2675

selain memakai double cleansing, saya juga memakai double toning.

4. Essence; Konon, essence mampu membantu menghilangkan garis halus, warna kulit yang tidak merata dan membuat toner, serum dan pelembab terserap baik oleh kulit kita.

IMG_2651

Essence Laneige ini mengandung vitamin C, sedangkan FTE SKI II mengandung pitera. Dipakai bergantian.

5. Serum; memiliki konsentrasi kandungan aktif yang lebih tinggi, makanya dipakenya pun hanya 2-3 tetes saja. Jadi, jangan heran kalo nemu serum hanya beberapa ml tapi harganya cukup mahal. Jika kalian ingin memakai 2 serum, sebaiknya pilihlah dengan fungsi yang berbeda.

IMG_2701

Yang satu untuk menyamarkan noda hitam, yang satunya lagi lagi hydrating/melembabkan.

6.  Sheet Mask; kalo suka nonton drakor pasti merhatiin deh biasanya mereka ada adegan memakai sheet mask. iyess! sheet mask ini berguna banget agar wajah kita lebih terlihat kenyal,segar dan cerah. kamu juga ga perlu tiap hari kok pake sheet mask ini, cukup 2x seminggu saja.

img_2671-e1501233496775.jpg

persedian sheet mask ole-ole2 suami dari seberang πŸ˜€

7. Eye Cream; Sering mendengar ada julukan `mata panda’ kan? atau ‘kantong mata’? nah..itulah fungsi dari eye cream ini. Jangan salah ibuk-ibuk, kulit mata kita itu tipis lho, makanya dibutuhkan perawatan juga.

IMG_2670

bentuknya roll, jadi memudahkan dalam aplikasinya ke daerah sekitar mata

8. Moisturizer; sesuai dengan namanya mosturaizer ini fungsinya untuk melembabkan.

IMG_2669

snail dikenal dengan fungsinya untuk melembabkan dan regenerasi kulit wajah.

9. Sunscreen/Tabir surya; it’s a must! Banyak dari kita yang berpikiran kalo menggunakan sunscreen atau sunblock itu cuman kalo mau berenang atau mantai aja. Big NO! malahan ini adalah barang wajib untuk dipakai setiap hari (kecuali malam hari). Dengan menggunakan sunscreen kita terlindungi oleh paparan sinar UV yang bisa menyebabkan rentan terkena kanker kulit. Dengan rutin menggunakan sunscreen juga bisa mencegah timbulnya flek hitam di wajah. Btw, kalo pake suncreen liat SPF ya..minimal 30 sudah cucoklahh.. πŸ˜‰

IMG_2702

wajah benyek-benyek berminyak karena suncreen itu ada, maka gunakanlah suncreen berbahan dasar air.

Panjang ya penjelasannya…hehehhe. Saya sih baru 8 bulan nyobain 10 step ini, alhamdulillah jerawat sudah mendingan, sisa bekas-bekasnya aja yang masih nonngol. Terlihat ribet dan rempong sekilas dan awalnya, tapi semuanya sebanding kok dengan hasilnya kalo kita pakenya telaten. Mau skincare semahal apapun, sebanyak apapun tapi kalo dipakainya ga telaten, sama aja bohong (toyor diri sendiri karena biasanya ketiduran duluan hehe) dan remember to use sunscren, girls!. Target saya sekarang sih ga muluk2, minimal wajah saya bebas dari jerawat dan acne scar-nya bisa hilang. Jadi, kalian make sampai berapa tahap? :mrgreen:

PS: Jadi, 10 step itu ga dipakai setiap hari ya buibuk 😎

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s